Kamis, 18 April 2013

RPP Model Connected

MODEL CONNECTED
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
 Sekolah : .......................... 
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 
Kelas I Semester : V/II 
Alokasi Waktu : 4x35 menit ( 2x pertemuan) 

I. Standar Kompetensi 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia 
II. Kompetensi Dasar 2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang 
III.Indikator 
• Menjelaskan system kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat pada masa penjajahan Belanda 
• Menyebutkan para tokoh pejuang daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda 
• Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia 
• Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional 
• Menceritakan peristiwa sumpah pemuda 
• Menyebutkan isi sumpah pemuda 
• Menyebutkan tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda 
IV.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat : 
• Menjelaskan system kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat pada masa penjajahan Belanda 
• Menyebutkan para tokoh pejuang daerah dalam upaya mengusir penjajah belanda 
• Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia 
• Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional 
• Menceritakan peristiwa sumpah pemuda 
• Menyebutkan isi sumpah pemuda 
• Menyebutkan tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda 
 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness) 
V.Materi Pokok 
 Sistem kerja paksa pada penjajahan belanda dan jepang 
 Sebab akibat pengerahan tenaga romusa oleh jepang terhadap penduduk jepang 
 peristiwa sumpah pemuda dan isi sumpah pemu 
 Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia 
 Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia 
 Gambar para tokoh pejuang melawan penjajah belanda dan jepang 
VI.Langkah-Langkah Pembelajaran 
(Pertemuan 1) 
• Kegiatan awal 
 Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran. 
 Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran 
• Kegiatan inti 
 Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
 Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia 
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan. 
 Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
 Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda 
 Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia 
 Mengadakan tanya jawab mengenal lembaga-lembaga bentukan Jepang 
 Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang 
 memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; 
 memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; 
 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; 
 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; 
 memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; 
 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; 
 memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; 
 memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. 
 Konfirmasi 
Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan 
• Kegiatan Penutup 
Dalam kegiatan penutup, guru: 
 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; 
 melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; 
 memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 
 merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik 
 Mengerjakan tugas dari guru 

(Pertemuan 2) 
• Pendahuluan 
- Bertanya jawab sesuai dengan materi 
- Memberi penjelasan singkat tentang peranan pemuda 
• Kegiatan inti 
 Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
 Menjelaskan secara singkat latar belakang munculnya pergerakan nasional 
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan 
 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan. 
 Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: 
 Menugaskan siswa untuk membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker 
 Menugaskari siswa untuk membuat laporan tentang tokoh pejuarig yang ada di provinsi tempat tinggalnya  Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang konggres pemuda I dan II  Menugaskan siswa membuat catatan mengenal peranan tiga tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda 
 Menugaskan setiap siswa menjawab pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan Indonesia 
 Konfirmasi 
Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan 
• Kegiatan Penutup 
 Dalam kegiatan penutup, guru: 
 Memandu siswa untuk menyimpulkan pentingnya pembentukan organisasi pergerakan nasional 
 Mendorong siswa untuk melakukan tugas pembiasaan agar siswa dapat mencontoh sikap-sikap terpuji pars pahlawan pergerakan nasional 
 Mengadakan uji kompetensi 

III. Alat Dan Sumber Bahan 
 Alat Peraga : Gambar, Peta ,Kartu Tugas 
 Sumber : Pengetahuan Sosial 

IV. Penilaian 
Instrumen penilaian / Soal
1. Apa akibat tanam paksa bagi rakyat Indonesia?
2. Sebutkan tiga tokoh pejuang daerah dalam upaya mengusir penjajah belanda?
3. Mengapa Jepang menduduki Indonesia?
4. Apa saja penderitaan yang dialami rakyat pada jaman jepang?
5. Apa saja peranan Pemuda dalam Sumpah pemuda!
                                                                                                 Batang Banyu, 6 Maret 2013
Mengetahui Kepala Sekolah Guru                                              Mapel IPS 


Hj. Suhrah, S.Pd.SD                                                                 Irhami,S.Pd 
NIP :195712151977032008                                                     NIP :197912252003121011 


lampiran-lampiran ;  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar